SOLOPOS.COM - Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. (Instagram/mvppictures_id)

Solopos.com, SOLO – Publik banyak yang penasaran dengan sinopsis Tuhan, Izinkan Aku Berdosa lantara film drama religi itu baru saja tayang di bioskop pada Rabu (22/5/2024).

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari novel berjudul Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur. Menariknya, film ini pernah ditayangkan di Jogja-NETPAC Asia Film Festival (JAFF) 2023.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Beberapa aktris dan aktor ternama bermain di film ini, di antaranya Aghniny Haque, Donny Damara, Djenar Maesa Ayu, Andri Mashadi, Samo Rafael, Nugie, Ridwan Raoull.

Mengutip sinopsis Tuhan, Izinkan Aku Berdosa di laman resmi bioskop XXI, film ini mengisahkan tentang Kiran, mahasiswi dari keluarga miskin di desa namun taat beragama, pintar juga kritis pada kemunafikan, yang terjebak dalam kelompok agama garis keras pimpinan Abu Darda.

Kelompok tersebut meminta jemaahnya mengabdikan dirinya pada jalan Allah lewat jihad yang sangat keras. Alih-alih mendapatkan hidayah, Kiran justru mendapatkan cobaan berat yang datang bertubi-tubi padanya. Berawal dari dirinya hendak dijadikan istri keempat oleh Abu Darda, yang tentu saja sangat bertentangan dengan prinsipnya.

Namun, karena sikap kritisnya, dia justru dituduh menebarkan fitnah kepada sang iman hingga mendapat ancaman fisik. Orang tuanya di desa juga turut menuduhnya sebagai anak yang kebablasan karena berani melawan ulama. Puncaknya, dia mendapatkan pelecehan seksual dari dosen pembimbingnya sendiri serta teman kuliah yang dikenal alim dan taat di kampusnya.

Dalam sinopsis Tuhan, Izinkan Aku Berdosa ini, karena tak tahan, Kiran lantas menggugat pada sang khalik atas segala cobaan yang menimpanya:

‘Ya Rabb? Jika pengabdianku pada-Mu justru Kau balas dengan cobaan yang berat, lantas apa cobaan bagi orang-orang munafik yang telah melecehkan perempuan seperti hamba? Lihatlah, ya Allah! Aku akan jadikan tubuhku ini martir untuk mengungkap kemunafikan umatmu yang sok suci itu!’

Sejak saat itu, Kiran mengabdikan dirinya pada kegelapan dunia demi mengungkap manusia-manusia munafik yang banyak menipu umat dengan janji-janji palsu, yang membuat orang-orang seperti ibunya jatuh dalam kepercayaan yang buta pada mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya